Blogger news

inilah 4+ makanan khas palembang yang bikin ngiler, yuk cek !

Makanan Khas Palembang Ini Wajib Kamu Cicipi, Tak Cuma Pempek
Kota Palembang pun sangat kental dengan makanan khasnya salah satunya pempek. Siapa yang tak tahu kudapan asal Palembang yaitu pempek atau empek-empek? Bahkan penjaja kudapan gurih bertekstur kenyal dengan saus cuka yang bercita rasa manis, asam, dan pedas ini sudah semakin banyak di tidak sedikit daerah.

Makanan Khas Palembang yang Unik
1. Mi Celor


Makanan khas Palembang berbahan mi ini sering diserupakan dengan spageti asal Italia. Dari bentuknya, diameter Mi Celor nyaris sama dengan spageti yang lebih besar dikomparasikan mi pada umumnya. Namun perbedaannya, Mi Celor disajikan dengan kuah santan yang kental dan gurih. Makanan ini seringkali menjadi di antara menu sarapan penduduk Palembang semenjak zaman dulu.

Mi yang diciptakan dari tepung terigu ini mempunyai tekstur yang padat dan paling mengenyangkan bila dicicipi di pagi hari. Apalagi, kuah mi memakai bahan dasar santan kelapa segar. Potongan telur ayam bulat pun menjadi karakteristik mi ini.



2. Pempek Hitam


Jika pempek seringkali punya warna cokelat keemasan sesudah digoreng, yang satu ini malah berwarna hitam. Tenang, warna hitam ini hadir bukan sebab hangus kok. Warna hitam itu berasal dari pewarna alami berbahan dasar tinta cumi atau black charcoal dari bubuk arang yang didapatkan dari pohon bambu. Pewarna itu sama sekali tak mengolah cita rasa dari pempek ini.

Rasanya tetap nikmat dan memikat. Kalau anda sedang liburan ke Palembang dan hendak mencicipi pempek hitam ini sambangi Kedai Pempek Sulthan di Jalan‎ Pangeran ‎Ratu, Ruko no.6, Jakabaring, Kecamatan Kertapati Palembang. Bagi harganya sangatlah terjangkau. Satu pempek hitam kecil dihargai Rp 5.000- 20.000.

3. Lempok Durian


Sesuai dengan namanya, makanan satu ini berbahan dasar durian. Lempok durian ini biasanya dijadikan oleh-oleh makanan khas Palembang. Bentuknya laksana dodol tetapi mempunyai cita rasa yang lebih manis dan legit. Ini didapatkan dari proses pemasakan yang lumayan lama dengan perapian kayu bakar. Rasa manis dipadu dengan wewangian duriannya dijamin buat ketagihan!

4. Salai Ikan


Kalau sekitar ini anda akrab dengan sale pisang, di Palembang terdapat sale menarik yang tercipta dari ikan. Tentu saja cita rasanya tidak manis, tetapi gurih dengan wewangian khas ikan asap. Salai ikan diciptakan dari ikan gabus, patin, atau lais yang diawetkan lewat proses pengasapan. Tapi makanan khas Palembang satu ini tak dapat langsung dimakan. Kamu mesti memasaknya dengan teknik digoreng biasa atau dibumbui cocok selera.

0 Response to "inilah 4+ makanan khas palembang yang bikin ngiler, yuk cek !"

Catat Ulasan

wdcfawqafwef